Saturday, February 20, 2010

7 Layers ISO-OSI

Untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda, tentu tidaklah mudah. Dikarenakan komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda, mengunakan protocol dan format data yang berbeda pula. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang merupakan model standar terdefinisi, dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI).
OSI memiliki 7 Layer dengan tujuh proses oleh tujuh lapisan yang bekerja secara berurutan dan bekerja berdasarkan hasil proses lapisan sebelumnya. Ke-7 layer tersebut adalah :


Layer 1 : Physical Layer
Mengubah bit menjadi sinyal sinyal (encoding), atau mengubah sinyal menjadi bit (decoding). Data yang dikirimkan kepada pihak lain tidak pernah bentuk data melainkan dalam bentuk sinyal.

Layer 2 : Datalink Layer
Mengubah sekumpulan bit menjadi paket-paket data. Semakin kecil data semakin mudah dikirim dan juga mengurangi risiko kehilangan akibat noise.

Layer 3 : Network Layer
Menentukan jalur yang akan ditempuh (routing) dengan cepat, murah dan aman.

Layer 4 : Transport Layer
Menentukan Multiplexing atau cara agar 1 media transmisi dapat digunakan oleh lebih dari 1 sinyal dengan metode :
Frequence Division Multiplexing : yaitu sejumlah sinyal yang dibawa secara simultan, masing-masing sinyal dimodulasikan ke frekuensi carier yang berlainan, yang kemudian dibawa menuju media yang sama dengan cara mengalokasikan band frekuensi yang berlainan ke masing-masing sinyal.

Time Division Multiplexing : data dari berbagai sumber dibawa dalam frame secara berulang-ulang. Setiap frame terdiri dari susunan jatah waktu, dan setiap sumber ditetapkan bahwa setiap framenya terdiri dari satu atau lebih jatah waktu.

Layer 5 : Session Layer
Memulai dan mengakhiri hubungan antara pengirim dan penerima dengan memastikan penerima siap menerima data lalu proses pengiriman data, memastikan semua data telah diterima dengan lengkap dan benar, lalu mengakhiri hubungan.

Layer 6 : Presentation Layer
Melakukan penyandian data (encryption) untuk menjaga kerahasiaan data sehingga tidak dapat dibaca pihak yang tidak berhak, dan melakukan pengompresan data sehingga ukuran data menjadi kecil tanpa mengurangi ‘isi’ nya.

Layer 7 : Application Layer
Menyajikan data kepada user, sesuai dengan aplikasi yang digunakan user.
(sumber:googling)

No comments:

Post a Comment