Wednesday, February 17, 2010

I = F(D,S,T)

ini tugas dari pa erick yang saya sendiri ga tau apa kamsud dari rumus itu hahahha. akhirnya saya memutuskan untuk mengarang bebas. semoga bener gan !

I = F(D, S, T)
Seperti yang telah diketahui, basis data merupakan kumpulan informasi. Informasi menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan
yang akan datang. Penulis lain, Burch dan Strater, menyatakan: informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan. Sedangkan George R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
Maka informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih bergunayaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
Untuk memperoleh informasi yang berguna dan akurat tidaklah mudah. Diperlukan data atau fakta yang mendukung agar informasi bukanlah sebuah isapan jempol atau hoax. Maka dengan itu, terdapat sebuah rumus untuk mendapatkan informasi tersebut yaitu I = F(D, S,T) dengan keterangan :
I : Informasi.
F : Fungsi
Sebuah informasi di buat untuk memberi keuntungan bagi orang lain yang memerlukannya. Suatu informasi yang tidak memberikan keuntungan maka informasi tersebut menjadi tidak berguna.
D : Data
Merupakan kumpulan dari fakta-fakta atau kejadian. Dalam membuat informasi, diperlukan data yang akurat dan tepat serta sumber yang jelas.
S : Shared
Yang dimaksud dengan shared sendiri yaitu informasi harus dapat dibagi pada orang yang membutuhkan informasi tersebut. Seperti berita koran atau tv, informasi diberitahukan kepada orang-orang agar dapat mengetahui isi dari informasi tersebut.
T : Time
Dalam mempublikasikan informasi, dibutuhkan waktu yang cepat agar informasi tersebut menjadi hal baru untuk disimak. Setiap kejadian yang diubah menjadi informasi dengan akurat, maka informasi tersebut harus secepatnya di publikasikan atau diberitahukan kepada orang-orang.

1 comment: